Perencanaan, Penetapan, dan Pengorganisasian dalam Struktur Manajemen

Analisis Perencanaan, Penetapan, dan Pengorganisasian pada PT. Unilever Tbk.





Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel diatas, PT. Unilever, Tbk. adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur, dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh, dan produk-produk kosmetik. PT ini didrikan pada tanggal 5 Desember 1993 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia.

Perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen pertama yang harus dijalankan. Sebab tahap awal dalam melakukan aktivitas perusahaan sehubungan dengan pencapaian tujuan organisasi perusahaan adalah dengan membuat perencanaan. (http://baguarmono.wordpress.com/2013/10/09/52/ )

 


Analisis Perencanaan

Sesuai dengan definisi diatas bawa perencanaan merupakan tahap awal yang harus dilakukan. Menurut saya, perencanaan itu berkaitan dengan tujuan. Karena dari tujuan itulah akan dipikirkan rencana atau strategi bagaimana kita bisa mencapai tujuan yang telah kita buat tersebut. kemudian menurut saya pula, tujuan itu terkait dengan visi-misi. Sebuah perusahaan, biasanya memiliki visi-misi yang didalamnya berisi sedikit banyak tujuan dari dibangunnya suatu perusahaan agar perusahaan tersebut.
Pada kedua potongan artikel diatas telah dipaparkan visi dan misi dari PT. Unilever Tbk. Visi dari perusahaan ini adalah To become the first choice of consumer, costumer and community atau menjadi pilihan pertama dari para konsumen, kostemer, dan komunitas. Kemudian perencanaan yang dibuat untuk visi ini adalah menyediakan produk bermerek dan pelayanan yang secara konsisten menawarkan nilai dari segi harga dan kualitas, dan yang aman bagi tujuan pemakainnya. Perencanaan ini pun berhasil diterapkan terhadap para konsumennya. Selanjutnya, misi dari perusahaan ini adalah membuat plan succession atau rencana suksesi untuk kemajuan kelangsungan perusahaan. menurut Bapak Joseph yang merupakan direktur perusahaan PT. Unilever Tbk, hal ini sangat penting jika perusahaan ingin terus beroperasi dalam jangka panjang. Plan succession ini menurut saya berhasil diterapkan dengan cara memperluas kerja sama dengan banyak PTsehingga perusahaan ini terus beroperasi hingga sekarang. 


 Analisis Penetapan dan Pengorganisasian


Arti dari penetapan disini menurut saya adalah penetapan strategi. Sedangkan pengorganisasiannya adalah pelaksanaan dari strategi-strategi yang telah diterapkan. Jadi, dari perencanan-perencanaan yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk membuat perusahaan lebih maju dan berkembang, ditetapkankanlah strategi-strategi untuk melaksanakan perencanaan tersebut. seperti misalnya Perluasan  PT. Unilever Indonesia yang menurut saya merupakan penetapan strategi untuk membuat perusahaan terus beroperasi kemudian salah satu pengorganisasiannya adalah PT. Unilever membuat perjanjian dengan PT lain untuk membuat suatu perusahaan baru dan saling bekerja sama yang akhirnya membuat PT unilever maju dan berkembang sampai saat ini.


Sumber Artikel:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Time of Your Life, Bagimu Masa Muda Hanya Sekali

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Transpersonal

Sistem Informasi Psikologi