Psikologi dan Teknologi internet



Aspek Demografis Pengguna Internet Berdasarkan Budaya

            Internet, siapa yang tidak mengetahui tentang hal yang satu ini? Ya, hampir sebagian orang pasti sudah mengetahuinya. Bahkan mungkin hampir semua orang didunia menjadi pengguna internet dengan beraneka ragam kebutuhannya. Ada yang menggunakan internet sebagai salah satu alternatif penyelesaian tugas-tugas, ada juga yang menggunakan internet untuk menambah atau mendapatkan informasi salah satunya dengan membaca artikel yang tersedia, atau sekedar untuk berinteraksi dengan teman-teman atau orang-orang sekitar dengan jejaring sosial yang ada.

            Berbicara soal interaksi dan jejaring sosial, kedua hal ini juga tidak jauh-jauh dari peran internet. Dengan adanya jejaring sosial yang tersedia membuat kita mudah untuk berinteraksi dengan siapapun yang kita inginkan. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula jejaring sosial yang bermunculan mulai dari friendster, facebook, twitter, path, dan lain sebagainya. Menurut saya, budaya atau kebiasaan pengguna internet terutama jika dilihat dari penggunaan jejaring sosial, cendrung megikuti tren atau yang sedang booming, atau dengan kata lain yang sedang banyak digunakan.

Dimulai dari munculnya facebook pada tahun 2004. Masyarakat digemparkan dengan adanya jejaring tersebut. hampir seluruh lapisan masyarakat membuat dan mempunyai account facebook. Mereka tergiur dengan adanya berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Tetapi setelah munculnya jejaring sosial baru seperti twitter, masyarakat seakan beralih ke jejaring sosial baru ini. Meskipun tidak semuanya secara serentak beralih. Tetapi hampir sebagian pengguna facebook nyatanya beralih ke twitter. Bahkan ada yang cendrung benar-benar meninggalkan account facebooknya dan lebih memilih menggunakan twitter saja.

Itulah sedikit gambaran menurut saya mengenai pengguna internet jika di tinjau dari budaya ataupun kebiasaan pada masyarakat sekitar yang cendrung mengikuti tren terutama jika dilihat dari pengguna internet pada jejaring sosial.



AnggotaKelompok 5:





           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Time of Your Life, Bagimu Masa Muda Hanya Sekali

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Transpersonal

Sistem Informasi Psikologi