Psikologi dan Teknologi internet
Aspek Demografis Pengguna Internet Berdasarkan
Budaya
Internet, siapa yang tidak
mengetahui tentang hal yang satu ini? Ya, hampir sebagian orang pasti sudah
mengetahuinya. Bahkan mungkin hampir semua orang didunia menjadi pengguna
internet dengan beraneka ragam kebutuhannya. Ada yang menggunakan internet
sebagai salah satu alternatif penyelesaian tugas-tugas, ada juga yang menggunakan
internet untuk menambah atau mendapatkan informasi salah satunya dengan membaca
artikel yang tersedia, atau sekedar untuk berinteraksi dengan teman-teman atau
orang-orang sekitar dengan jejaring sosial yang ada.
Berbicara soal interaksi dan
jejaring sosial, kedua hal ini juga tidak jauh-jauh dari peran internet. Dengan
adanya jejaring sosial yang tersedia membuat kita mudah untuk berinteraksi
dengan siapapun yang kita inginkan. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak
pula jejaring sosial yang bermunculan mulai dari friendster, facebook, twitter,
path, dan lain sebagainya. Menurut saya, budaya atau kebiasaan pengguna
internet terutama jika dilihat dari penggunaan jejaring sosial, cendrung
megikuti tren atau yang sedang booming, atau dengan kata lain yang sedang banyak digunakan.
Dimulai dari munculnya facebook pada tahun 2004.
Masyarakat digemparkan dengan adanya jejaring tersebut. hampir seluruh lapisan
masyarakat membuat dan mempunyai account facebook. Mereka tergiur dengan adanya
berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Tetapi setelah munculnya jejaring
sosial baru seperti twitter, masyarakat seakan beralih ke jejaring sosial baru
ini. Meskipun tidak semuanya secara serentak beralih. Tetapi hampir sebagian
pengguna facebook nyatanya beralih ke twitter. Bahkan ada yang cendrung
benar-benar meninggalkan account facebooknya dan lebih memilih menggunakan
twitter saja.
Itulah sedikit gambaran menurut saya mengenai
pengguna internet jika di tinjau dari budaya ataupun kebiasaan pada masyarakat
sekitar yang cendrung mengikuti tren terutama jika dilihat dari pengguna
internet pada jejaring sosial.
AnggotaKelompok 5:
Komentar
Posting Komentar