Resensi Buku Time of Your Life, Bagimu Masa Muda Hanya Sekali



 Judul Buku          : Time of Your Life
       Bagimu Masa Muda Hanya Sekali
Penulis                : Rando Kim
Penerbit              : Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia
Kota Terbit           : Jakarta
Tahun Terbit        : 2010
Tebal                   : 401 halaman


           Buku ini di tulis oleh Rando Kim. Ia adalah seorang profesor dan mentor terbaik di Seoul National University. Pertama kali di publikasikan pada 24 Desember 2010 dan telah menduduki peringkat pertama dalam daftar buku bestseller selama tiga minggu setelah diterbitkan.
     Didalam bukunnya, profesor Rando Kim memberikan nasihat-nasihat terbaiknya bagi para remaja dan kaum muda masa kini yang dibuat frustasi oleh tuntutan keluarga, masyarakat, dan pergaulan. Terutama kaum muda yang akan memasuki usia 20 atau yang akan memasuki perguruan tinggi. Nasihat-nasihat yang ia berikan adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah ia alami selama hidupnya.

Buku ini terdiri dari empat bagian yaitu:

1. Jawabannya Ada di Matamu
2. Titik Terendah dalam Hidupmu Tidak Sejauh yang Kamu Perkirakan
3. Keajaiban Datang Secara Perlahan
4. Hidup yang Ditentukan oleh Hari Esok, Hidup yang Ditentukan oleh Panggilan Hidupmu

Dimana pada setiap bagiannya terdapat 10-12 judul.
          
  Buku ini diawali dengan prolog dari sang penulis yang di beri judul “Ingat, masa mudamu begitu menakjubkan!”. Didalamnya bercerita tentang masa muda adalah masa yang menyenangkan yang ia (penulis) ibaratkan sebagai biji logam mentah yang menjadi sangat berharga karena kilaunya, tetapi tergantung bagaimana cara kita memolesnya. Kemudian didalam prolog ini diantaranya juga menuliskan masa-masa menjadi mahasiswa yang berada di awal 20-an yang kebanyakan mengalami konflik dan tekanan dimana ketika keinginan kita bertentangan dengan harapan dari orang-orang yang merasa dirinya lebih mengerti tentang kita daripada diri kita sendiri.

Didalam prolog ini penulis juga mengatakan bahwa ia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun bersama anak-anak muda yang merasa takut dan tertekan selama masa kuliah mereka. Terkadang penulis merasa ingin membangunkan pikiran mereka dengan kata kata bijak sehingga mata mereka terbuka dan buku ini adalah puncak dari segala usaha penulis. Kalimat terakhir dari bagian prolog ini adalah, penulis mengatakan bahwa jika kamu (pembaca) menemukan inspirasi dalam dalam buku ini maka tugasku (penulis) terlaksana. Kemudian, setelah prolog dilanjutkan dengan bagian pertama hingga  satu bagian terakhir yaitu bagian ke empat. Pada setiap bagian, memberikan cerita yang sangat menarik dan inspiratif dan menyadarkan saya secara pribadi.

Salah satu bagian yang paling menarik menurut saya adalah bagian pertama pada judul ketiga yaitu, Setiap Bunga Akan mekar pada Musimnya, karena membuat saya secara pribadi menjadi bersemangat lagi dengan kalimat-kalimat yang ia tuliskan yang diantaranya seperti: “apakah kamu merasa tertinggal dari teman-temanmu? Apakah kamu merasa telah menyia-nyiakan waktu sementara teman-temanmu mulai melangkah menuju kesuksesan? Jika kamu merasa demikian, ingatlah bahwa kamu memiliki masa mekarmu sendiri,begitu juga dengan teman-temanmu. Musimu belum datang,tetapi ia pasti akan datang ketika saatnya kuncupmu mekar. Mungkin kuncup itu mekar lebih lama dari yang lain, tetapi ketika tiba waktunya, kamu akan mekar dengan begitu indah dan menawan seperti bebungaan yang telah mekar sebelum dirimu. Jadi angkatlah kepalamu dan bersiaplah untuk menyambut musimu”.

 Disini terlihat sekali bahwa penulis mencoba memberikan semangat untuk anak-anak muda yang merasa khawatir dan tertinggal oleh teman-temannya yang telah meraih sukses terlebih dahulu. Pada bagian ini penulis mengatakan bahwa “banyak anak muda masa kini yang merasa iri terhadap mereka yang telah meraih sukses lebih dulu, dan percaya pada gagasan bahwa mereka telah gagal karena tertinggal. Kamu tidak harus merasa seperti itu. Ingatlah, musim terbaikmu belum tiba”.

Kelebihan dan Kelemahan Buku:
Kelebihan dari buku ini pertama terlihat dari cover nya yang sangat menarik dengan paduan dari warna-warna yang cerah. Selain itu pada cover juga terdapat kalimat yang bagus yaitu, masa mudamu adalah saat kamu merasa: bingung, tidak berdaya, takut, kesepian, cemas, sekaligus berbahagia. Itulah masa muda. Sehingga akan membuat para pecinta buku terutama anak muda atau remaja menjadi tertarik untuk membacanya. Kemudian meskipun buku ini adalah terjemahan dari bahasa korea ke bahasa Indonesia, tidak menemui kesulitan pada saat membaca buku ini. Artinya, bahasa dan kata-kata yang digunakan mudah untuk dipahami. Dan terakhir menurut saya hampir tidak ad kekurangan pada buku ini. Justru sangat inspiratif dan membangkitkan semangat.
           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Transpersonal

Sistem Informasi Psikologi